Rabu, 23 Januari 2019

5 Penyebab Gastritis Yang Perlu Untuk Diketahui

5 Penyebab Gastritis - Gastritis yaitu kondisi serius yang menyebabkan lambung mengalami peradangan atau bahkan infeksi hingga mengaalami pembengkakan. Kondisi ini membuat penderitanya mengalami keluhan rasa sakit yang tak tertahankan. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang sangat banyak dialami oleh orang. 

Penyakit ini sering kali disalah artikan bahwa penyakit gastritis merupakan penyakit maag yang sering terjadi. Padahal kondisi ini sangatlah berbeda. Meskipun gejala gastritis hampir sama dengan gejala maag, namun perlu untuk kalian ketahui bahwa kondisi ini berbeda. Gastritis merupakan kondisi yang berbahaya apabila tidak segera diobati maka akan menimbulkan komplikasi, oleh karena itu cara mengobati gastritis sangat penting dilakukan. 

Tidak hanya menimbulkan rasa nyeri saja, penyakit gastritis juga menimbulkan beberapa gejala lainya seperti tidak nafsu makan, muncul sensasi panas dalam perut, muntah, bahkan mual. Kondisi ini juga bisa terjadi karena faktor makanan yang kurang dijaga dengan baik, sehingga hal ini memicu penyakit gastritis. Adapun beberapa hal lainya yang menyebabkan timbulnya penyakit gastritis : 

5 Penyebab Gastritis Yang Perlu Untuk Diketahui 

    • Makanan Tidak Sehat 
      Konsumsi makanan yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab gastritis. Bahkan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga memicu penyakit lainnya yang akan memperparah suatu kondisi. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga akan menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan yang akan menyebabakan gastritis. 
    • Mengkonsumsi Alkohol 
      Semua orang tentunya sudah tahu bahwa mengkonsumsi alkohol tidak lah baik, apalagu jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak, tentunya hal tersebut akan memicu berbagai jenis penyakit termasuk masalah pada asam lambung. Pada saat mengkonsumsi alkohol, asam lambung secara otomatis akan meningkat secara drastis, sehingga hal ini memicu rasa nyeri pada ulu hati. 
    • Konsumsi Obat Anti Nyeri 
      Tidak hanya mengkonsumsi alkohol saja, gastritis juga terjadi pada orang yang sering mengkonsumsi obat anti nyeri. Namun, hal tersebut tidak lah baik, karena mengkonsumsi obat anti nyeri dapat menyebabkan gastritis dengan cara mengiritasi jaringan epitel lambung serta menghambat peredaran hormon prostaglandin. 
    • Stres
      Tingginya tingkat stres akan mempengaruhi kondisi tubuh, termasuk pada asam lambung. Tingkatan sters yang tinggi akan menyebabkan penurunan kadar hormon prostaglandinynag berfungsi untuk melindungi fisiologis tubuh seperti fungsi ginjal serta mukosa. Stres yang meningkat juga akan menyebabkan nyeri pada ulu hati. 
    • Gangguan Autoimun
      Autoimun yang mengaalami gangguan akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel sehat yang berada pada dinding lambung. Sehingga hal ini menyebabkan peradangan pada lambung dan memicu gastritis.
Sekian dan terimakasih, Salam sehat. 

Tidak ada komentar: