Kamis, 14 Maret 2019

8 Cara Mencegah Malaria

8 Cara Mencegah Malaria -Penyakit ini termasuk jenis penyakit menular yang menimbulkan gejala utama berupa demam yang disertai menggigil. Hal tersebut dapat terjadi karena proses infeksi yang disebabkan oleh parasit plasmodium. Malaria harus ditangani dengan cepat cara mengobati malaria, karena jika tidak akan menimbulkan bahaya komplikasi akibat malaria yang akan berisiko mengalami kematian. 

Sebenarnya kasus penyakit malaria diindonesia sudah turun sejak 2011 sampai 2015. Meski begitu, namun dibeberapa wilayah timur diindonesia masih sangat berisiko tinggi terhadap wabah malaria. Memperkirakan lebih dari 40 % penduduk dunia berisiko terserang malaria. Malaria itu senridi merupakan suatu kondisi dimana penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit. 

Pada umumnya, ketika seseorang terkena gigitan nyamuk malaria, biasanya tidak akan langsung memunculkan gejala. Biasanya gejala malaria akan muncul sekitar 2 sampai 3 minggu. Dan gejala yang sering muncul yaitu demam tinggi yang disertai dengan menggigil atau kedinginan, serta berkeringat. Namun selain sering menimbulkan gejala seperti demam tinggi yang disertai menggigil, malaria juga menimbulkan gejala lainnya sepert sakit kepala, muntah berulang, buang air besar, serta nyeri otot dan sendi. 

Dengan kondisi dan gejala-gejala tersebut, menunjukan bahwa malaria tidak boleh disepelekan begitu saja. Karena malaria merupakan penyakit yang menular yang akan menimbulkan komplikasi yaitu kematian. Nah, jika anda tidak ingin terkena penyakit mematikan ini, ada beberapa tips yang harus anda lakukan untuk mencegah terjadinya malaria. Berikut ini ada 8 cara yang dapat membantu anda mencegah penyakit malaria. 

8 Cara Mencegah Malaria 

Image result for cara mencegah malaria
  • Sering memasang obat nyamuk atau menyemprot obat nyamuk didalam ruangan pada pagi dan sore hari. 
  • Sering memakai lotion anti nyamuk yang mengandung DEET atau diethyltoluamide pada saat terasa ada nyamuk disekitar kita. 
  • Gunakan Lambun ( Jaringan Nyamuk ) yang disemprotkan  intektisida. Seperti permethrin atau deltamethrin untuk menutupi ranjang anda. 
  • Mengenakan pakaian tidur atau selimut yang bisa menutupi kulit tubuh. 
  • Memakai pakaian pelindung seperti celana panjang dan juga kemeja panjang selama beraktivitas. Terutama saat shubuh atau pada saat beraktivitas sore hari. 
  • Menghindari kebiasaan mengantung pakaian dirumah atau didalam ruangan. 
  • Lakukan langkah pencegahan 3M yaitu : 
    • Menguras dan membersihkan bak mandi 
    • Menabur serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk 
    • Menutup dan menyingkirkan genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik nyamuk 
  • Rutin melakukan fugging sebulan sekali. 
Nah itulah beberapa tips cara mencegah malaria yang harus anda lakukan sejak sekarang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan kita semua. Terimakasih sudah menyimak, dan sampai jumpa. 


Tidak ada komentar: