Kamis, 21 Maret 2019

5 Cara Mencegah Meningitis

5 Cara Mencegah Meningitis - Meningitis merupakan kondisi serius yang menyebabkan peradangan pada meningen, yaitu lapisan pelindung otak dan juga saraf. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang serius yang tidak boleh dibiarkan secara sembarangan, karena jika penyakit ini dibiarkan tanpa segera melakukan cara mengobati meningitis, maka akan menimbulkan komplikasi. Anak-anak, remaja serta orang dewasa lebih memiliki risiko tinggi untuk terkena meningitis dibandingkan dengan orang yang sudah lanjut usia. 

Penyebab utama penyakit meningitis yaitu infeksi, selain disebabkan oleh infeksi meningitis juga disebabkan oleh virus dan juga bakteri. Meningitis yang disebabkan oleh virus merupakan jenis meningitis yang sangat umum terjadi, kondisi ini merupakan jenis kondisi yang tidak begitu serius. Namun meski begitu, kondisi ini tetap harus diwaspadai. 

Selain itu, meningitis yang disebabkan oleh bakteri sangat jarang sekali terjadi, namun kondisi ini sangat serius. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, maka akan menyebabkan kerusakan pada otak, bahkan juga mengalami kematian. 

Penyakit ini dapat menyebabkan kematian, karean peradangan yang terjadi tidak hanya terjadi pada otak melainkan juga pada tulang sumsum belakang. Dan gejala yang paling umum yaitu sakit kepala, demam, leher kaku, kebingungan, bahkan muntah. Tentu saja hal tersebut sangat menganggu bagi yang merasakannya. 

Namun hal tersebut sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena gejala-gejala tersebut dapat dicegah hanya dengan beberapa langkah. Seperti : 

5 Cara Mencegah Meningitis 

  1. Menjaga jarak dengan penderita meningitis 
    Menjaga jarak dengan penderita meningitis merupakan hal yang sangat penting, karena meningitis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri serta virus. Penularan tersebut biasanya melalui nafas, air liur serta udara. Nah oleh sebab itu, hindarilah melakukan kontak fisik dengan penderita meningitis. 
  2. Vaksin
    Dan hal yang paling penting untuk mencegah meningitis yaitu dengan melakukan suntik vaksin. Biasanya para medis menyarankan vaksinasi tersebut ketika 11-12 tahun, atau 16-21 satu tahun. 
  3. Rajin mencuci tangan
    Rajin mencuci tangan merupakan salah satu pencegahan dari penyakit meningitis. Kami saransakn untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan air hangat dan juga sabun. Dan pastikan selalu mencuci tangganya dengan bersih, baik dan juga benar. 
  4. Jangan memakai barang yang sama 
    Selain itu, hindari memakai barang yang sama, hal ini karena dapat menyebabkan terkenanya virus atau bakteri penyebab meningitis. Dan akan lebih baik menggunakan peralatan sendiri, dan pastikan memberishkannya dengan benar. 
  5. Menjaga kekebalan tubuh 
    Menjaga kekebalan tubuh dengan baik merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, hal ini merupakan bentuk pencegahan agar terhindar dari berbagai penyakit. Selain menjaga kekebalan tubuh, anda juga disarankan untuk selalu melakukan olahraga secara teratur. 

Tidak ada komentar: