Senin, 28 Agustus 2017

Bahaya Amandel

Bahaya Amandel - Lakukan pengobatan radang amandel sejak dini dapat mengurangi resiko bahay amandel. Penyakit amandel lebih sering dialami oleh anak-anak dibanding orang dewasa. Maka sebab itu, setiap orang tua harus lebih peka terhadap kesehatan anak-anaknya.

Amandel merupakan kelenjar getah bening yang merupakan benteng pertahanan tubuh dari masuknya virus atau bakteri melalui hidung dan mulut. Penyaringan yang dilakukan oleh amandel akan memaksa sel darah putih untuk  membunuh virus dan bakteri yang masuk bersama makanan ataupun udara yang kita hirup. Penyakit Amandel adalah peradangan yang terjadi di amandel, letaknya di pangkal tenggorokan. Penyakit yang di sebut juga penyakit tonsillitus ini mengakibatkan sakit luar biasa yang bisa dirasakan di daerah tenggorokan.

Bahaya Amandel Bagi Kesehatan

Hampir  70% penyebab amandel dikarenakan oleh faktor makanan. Jika dibiarkan maka akan sangat mengganggu saluran tenggorokan yang merupakan jalannya sistem pernapasan dan juga sistem pencernaan tubuh. Jika sudah begini maka akan membuat bahaya amandel semakin kronis. Penyakit amandel yang diderita tidak hanya sehari dua hari, melainkan bisa sampai berminggu-minggu.

1.Menurunnya pasokan oksigen 
Radang amandel yang semakin menerima serangan bakteri dan virus akan membuat tonsil semakin membesar, kondisi ini disebut hypertrofi. Pembesaran tonsil ini akan membuat ruang pernapasan semakin sempit, dampaknya adalah suplai oksigen di dalam tubuh akan semakin sedikit. Kondisi ini akan memperburuk sistem pernapasan.

2.Menurunnya daya konsentrasi

Sedikitnya suplai oksigen di dalam tubuh, yang kemudian akan diikat oleh darah untuk di salurkan ke dalam otak akan membuat fungsi otak bisa menurun. Otak sangat membutuhkan suplai oksigen untuk tetap berfungsi dengan baik, kurangnya oksigen akan mengurangi daya konsentrasi dan daya ingat.

3. Nafsu makan berkurang

Kondisi peradangan amandel akan terasa sangat tidak nyaman. Untuk menelan ludah saja akan terasa nyeri, apalagi makan atau minum. Tidak jarang penderita penyakit amandel merasa tidak nafsu untuk makan. Atau bahkan pola makan kita tidak akan teratur. Penderita amandel berusaha untuk tidak banyak makan saat radang amandel.

4.Kekurangan gizi

Kebutuhan nutrisi yang kurang dalam tubuh, dampak terburuknya adalah tubuh kita akan kekurangan nutrisi. Kebutuhan tubuh akan kalori untuk menjaga stamina tubuh dan zat besi yang di butuhkan darah, akan sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Jika asupan nutrisi kita kurang maka akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita menurun. Kondisi ini akan sangat berbahaya karena peradangan amandel akan semakin membesar

5.Kondisi Psikologis Terganggu

Penderita akan mengalami pikiran yang berat dan bisa merasa stres dengan apa yang dialami, yang mengganggu psikologis. Sakit amandel bukan penyakit sederhana.

Sakit yang dirasakan akan sangat mengganggu ketenangan pikiran. Rasa nyeri yang bisa dirasakan seluruh badan, sakit kepala, menggigil, dan bahkan disertai demam, akan dirasakan penderita sekitar seminggu hingga dua minggu tergantung tingkat keparahan amandelnya

6.Komplikasi saluran THT

Jika radang amandel semakin kronis yang artinya sudah sangat membesar dan bahkan hampir menyumbat sistem pernapasan maka akan berpotensi terjadinya komplikasi pada saluran THT lainnya. Jika sudah begini maka diperlukan tindakan medis yang pada umumnya akan dilakukan pembedahan.

Cara Mengobati Radang Amandel
KLIK GAMBAR UNTUK MEMBACA INFORMASI CARA MENGOBATI RADANG AMANDEL
My Post : Bahaya Amandel

Tidak ada komentar: