Jumat, 08 Maret 2019

Tanda-Tanda Kista Payudara


Gambar terkait

Tanda-Tanda Kista Payudara - Kista payudara memang bukanlah suatu penyakit yang berbahaya, kista ini bersifat jinak dan tidak mengarah ke hal yang lebih serius. Namun, meski tergolong penyakit yang tidak berbahaya, kista payudara juga tetap harus melakukan cara mengobati kista payudara secepatnya. Karena jika kista ini tetap dibiarkan tanpa melakukan penanganan dengan cepat, dikhawatirkan akan timbul komplikasi yang akan membuat kondisi tubuh semakin memburuk. 

Kista itu sendiri yaitu kantong yang berisi cairan didalam jaringan payudara, sehingga hal ini menimbulkan benjolan. Jika benjolan tersebut diraba, maka akan terasa lunak. Pada umumnya, Kista biasanya banyak diderita oleh wanita yang berusia 35-50 tahun. Kista payudara sebenarnya dapat dialami oleh semua wanita. Namun yang lebih terserang oleh penyakit kista yang satu ini yaitu wanita berusia 35 tahun hingga 50 tahun.

Penyebab kista payudara memang belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa bukti yang menunjukan bahwa kista payudara disebabkan oleh adanya kelebihan estrogen dalam tubuh, sehingga hal ini menyebabkan tubuh merangsang jaringan tubuh yang ada pada payudara. Tidak hanya itu saja, kista payudara juga disebabkan oleh adanya perkembangan kelenjar dan jaringan ikat pada payudara yang menghambat aliran susu. Hal ini menyebabkan kelenjar dan jaringan ikat tersebut akan melebar (dilatasi) dan kemudian terisi oleh cairan. 

Biasanya seseorang yang terserang kista payudara akan menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri yang disertai keluar cairan. Selain itu, adapun beberapa tanda kista payudara yang harus anda ketahui. Lalu apa saja tanda-tanda kista payudara tersebut ?? 

Tanda-Tanda Kista Payudara 

Adapun beberapa tanda-tanda kista payudara yang mungkin harus anda ketahui : 
  • Sering sesak nafas atau sering merasakan nyeri pada dada. Hal ini disebabkan karena adanya benjolan yang timbul disekitar payudara, sehingga hal ini menyebabkan sesak nafas. 
  • Benjolan yang menyebabkan nyeri atau bahkan tidak sama sekali
  • Nyeri pada payudara 
  • Perubahan ukuran payudara 
  • Kista payudara yang berisi cairan 
  • Benjolan yang dirasakan dapat terasa keras atau bahkan lunak
  • Jika benjolan berukuran besar, maka akan mengubah bentuk dan juga ukuran pada payudara
  • Memiliki benjolan pada satu atau bahkan kedua payudara
  • Jika berkembang pada jaringan dalam saluran susu, maka dapat menyebabkan munculnya cairan dari puting. 
  • Benjolan akan bertambah keras dan membesar sebelum masa menstruasi
Jika anda mengalami tanda-tanda seperti diatas, maka segeralah mengobatinya dengan cepat. Karena jika tidak, penyakit ini akan bertambah parah dan menjadi penyakit yang lebih serius lagi. 



Tidak ada komentar: