Senin, 26 November 2018

Dampak Buruk Kabut Asap Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Kabut Asap Bagi Kesehatan - Kabut asap merupakan salah satu kejadian dari adanya kebakaran atau bencana alam. Tidak hanya merugikan, adanya kabut asap juga dapat berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Apa saja dampak akibat kabut asap? mari kita simak dibawah ini mengenai dampak buruk kabut asap bagi kesehatan.

Kabut asap merupakan salah satu pencemaran udara yang sangat berat dapat dan berdampak pada kesehatan tubuh seseorang. Akibat dari kabut asap bisa mengakibatkan seseorang kehilangan nyawanya karena terlalu banyak menghirup udara kotor.

Hasil gambar untuk dampak buruk kabut asap

Bahaya yang diakibatkan karena kabut asap tidak bisa dianggap sebagai hal yang sepele. bahaya penyakit yang diakibatkan oleh kabut asap bisa membuat orang meninggal akibat infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Kabut asap dihasilkan oleh campuran beberapa gas dan partikel yang bereaksi dengan sinar matahari. Gangguan kesehatan akibat kabut asap sangat rentan dialami oleh orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, penyakit pernapasan, lansia, dan juga anak-anak. Bagi manusia yang berusia lanjut dan anak-anak sangat tidak baik bila terkena kabut asap, karena dapat membuat daya tahan tubuh seseorang rendah akibatnya orang tersebut mudah terkena penyakit. 

Berikut adalah beberapa dampak buruk akibat dari kabut asap yaitu :
  1. Menyebabkan jarak pandang seseorang menjadi lebih terbatas akibat terhalang oleh kabut asap dan dapat menyebabkan iritasi pada mata. 
  2. Dapat memperburuk gejala asma  apabila menghirup kabut asap dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk melakukan penanganan kabut asap pada penderita asma sebaiknya gunakan cara untuk mengatasi anemia dengan cepat yaitu menggunakan tanaman alami untuk mengatasi asma supaya untuk menghindari adanya keparahan asma tersebut. 
  3. Menyebabkan batuk dan sakit tenggorokan, akibat dari terhirupnya kabut asap akan mengakibatkan peningkatan kapasitas dahak dan mengganggu saluran pernapasan seperti infeksi pada bagian tenggorokan.
  4. Berdampak pada kulit, kabut asap dapat merusak kulit dengan cara menimbulkan iritasi dan peradangan jaringan kulit. Hal tersebut dapat menyebabkan resiko jerawat, kanker kulit, dan penuaan dini.
  5. Berdampak terkena resiko kanker paru, jika seseorang terpapar kabut asap dalam jangka waktu yang cukup lama maka seseorang tersebut akan memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker paru meskipun seseorang itu bukan perokok.
Sebaiknya, untuk menghindari adanya hal-hal diatas kita harus bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat akan mencegah dampak buruk kabut asap tersebut.

Tidak ada komentar: