Selasa, 29 Januari 2019

Gondongan Pada Ibu Hamil Dan Cara Pencegahannya

Gondongan Pada Ibu Hamil - Gondongan merupakan suatu penyakit yang sangat mudah sekali untuk menyebar. Gondongan sendiri yaitu suatu kondisi dimana adanya pembengkakan pada kelenjar parotis yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit menular ini dapat menyerang siapa saja yang ada disekitarnya. Bahkan tidak hanya menyerang pada anak-anak saja, gondongan ini juga dapat menyerang ibu hamil. 

_Gondongan Pada Ibu Hamil Dan Cara Pencegahannya_


Gondongan yang terjadi pada ibu hamil belum diketahui secara pasti penyebabnya apa. Namun, meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, gondongan pada ibu hamil akan menimbulkan kecacatan pada bayi. Bahkan gondongan pada ibu hamil akan menimbulkan keguguran dalam kandungan. 

Penyakit ini biasanya lebih sering menyerang anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Namun faktanya, kondisi ini juga dapat menyerang ibu hamil. Oleh sebab itu, harus senantiasa menjaga kandungan serta asupan nutrisi atau asupan makanan yang baik, sehingga hal ini dapat menghindari dari penyakit gondongan. 

Penyakit gondongan ini disebabkan oleh virus paramyxovirus  yang dimana virus tersebut mampu menyebar serta menular melalui percikan air ludah, muntah bahkan melakukan kontak secara lansung. 

Gejala Gondongan Pada Ibu Hamil 

Ibu hamil yang mengalami gondongan dapat menimbulkan gejala seperti : 
  • Demam 
  • Sakit kepala 
  • Nyeri Otot 
  • Nyeri Pada Rahang saat mengunyah 
  • Hingga sakit pada tenggorokan saat menelan. 
Biasanya penyakit gondongan yang menyerang ibu hamil tidak akan menimbulkan komplikasi. Tetapi, gondongan pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran pada saat hamil muda. Meski kondisi tersebut sangat jarang sekali ditemukan, tetapi bagi anda yang sedang hamil dan mengalami gondongan segeralah lakukan cara mengobati gondongan sekarang juga untuk mencegah terjadinya keguguran dan kemungkinan komplikasi yang akan timbul. 

Cara Pencegahannya : 

Cara mencegah gondongan pada ibu hamil diantaranya dengan melakukan : 
  • Mengkonsumsi Makanan Yang bergizi 
  • Menghindari Kontak Secara Langsung Pada Penderita Gondongan 
  • Menjaga kesehatan 
Dan itulah sekilas informasi mengenai gondongan pada ibu hamil dan cara mengatasinya, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Amiiiinnnn

Tidak ada komentar: