Minggu, 13 Januari 2019

Faktor Risiko Batu Empedu

Faktor Risiko Batu Empedu - Penyakit batu empedu merupakan suatu masalah yang sangat serius. Yang dimana penyakit ini mampu menimbulkan rasa nyeri atau rasa sakit pada perut. Secara spesifik, wanita dua kali lebih tinggi berisiko mengalami batu empedu dibandingkan dengan pria. 

Sebenarnya batu empedu juga tidak dapat menimbulkan masalah atu bahkan gejala. Namun, batu empedu yang terdapat pada saluran empedu dapat menyebabkan penyumbatan, sehingga menyebabkan infeksi atau bahkan mengalami peradangan. 

Dibawah ini adalah beberapa Faktor Risiko Batu Empedu. 

Faktor Risiko Batu Empedu

Image result for faktor risiko batu empedu
  • Jenis Kelamin 
    Wanita lebih memiliki risiko tinggi terkena batu empedu dibandingkan dengan dengan pria. Terutama pada ibu hamil. Hal ini lebih sering disebabkan karena kurangnya beraktivitas yang sering kali menyebabkan peningkatan berat badan. 
  • Berat Badan Dan Kolesterol 
    Penyebab adanya batu empedu yaitu dikarenakan terbentuk dari kolesterol. Oleh sebab itu, peningkatan berat badan yang melebihi batas serta kolesterol merupakan faktor risiko batu empedu. 
  • Gaya Hidup 
    Gaya hidup yang kurang sehat seperti kurangnya berolahraga, sering mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak, dapat meningktkan risiko tinggi terkena batu empedu. Oleh karena itu, mulailah merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik seperti sering berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, dan sebagainya.

    Baca Juga : Cara Mengobati Batu Empedu 
  • Kehamilan 
    Ibu hamil juga memiliki risiko tinggi mengalami batu empedu, terutama kehamilan pada trimester ketiga. 
  • Usia 
    Orang yang sudah memasuki usia 55 tahun atau bahkan lebih, lebih beresiko tinggi mengidap batu empedu. Hal tersebut disebabkan karena penurunan fungsi pada sistem pencernaan seiring dengan berjalannya usia. 
  • Riwayat Keluarga 
    Perlu untuk anda ketahui, Terjadinya batu empedu juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika diantara keluarga misalnya ibu atau ayah mengidap batu empedu, maka kemungkinan besar anak juga memiliki risiko tinggi mengidap batu empedu. 
  • Penurunan berat badan dengan cepat 
    Penurunan berat badan dengan cepat juga merupakan salah satu faktor terjadinay batu empedu. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan karena meningkatnya metabolisme lemak yang menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah serta hati. 
Dan itulah informasi mengenai faktor risiko batu empedu, semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar: