Kamis, 10 Januari 2019

Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah

Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah - Penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah bukanlah hal yang sepele. Kondisi ini identik dengan gangguan kardiovaskular seperti serangan jantung serta stroke. Penyempitan pada pada pembuluh darah merupakan suatu kondisi yang dimana pembuluh darah tersebut mengalami penyempitan yang disebabkan oleh beberapa penyebab salah satunya yaitu plak. 

Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah

Penyempitan pada pembuluh darah dapat terjadi pada pembuluh darah arteri atau bahkan vena. Kondisi ini lebih sering dikaitkan dengan penyumbatan pada pembuluh darah arteri karena kondisi tersebut umumnya sangat berbahaya dibandingkan dengan penyumbatan pembuluh darah vena. 

Penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah lebih dianggap berbahaya. Mengapa ? Hal ini karena penyempitan pada pembuluh darah arteri dapat mempengaruhi kerja jantung yang dimana berfungsi untuk membawa aliran darah pada tubuh. Jika hal ini terjadi, maka aliran darah yang menuju jantung akan terhambat. 


Jika hal ini tidak segara melakukan cara mengobati aterosklerosis, maka kemungkinan besar dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Nah, dibawah ini ada beberapa penyebab penyempitan pembuluh darah : 
  • Adanya Plak 
    Penyebab utama terjadinya penyempitan pada pembuluh darah yaitu adanya plak. Plak tersebut terbentuk dari lemak yang mengandap dari sel yang melapisi pembuluh darah. Jika kondisi ini terus menerus terjadi, maka akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. 
  • Faktor Psikologis 
    Perlu untuk anda ketahui, kondisi psikis seperti stres seperti depresi bisa menjadi salah satu penyebab penyempitan pada pembuluh darah. Stres berlebih juga dapat menyebabkan penyakit seperti hipertensi dan penyakit jantung. 
  • Hipotermia 
    Hipotermia merupakan suatu kondisi yang dimana mengalami penurunan suhu tubuh secara ekstrem. Kondisi tersebut dapat memicu penyempitan pada pembuluh darah.  Pada saat tubuh mengalami suhu yang dingin, maka hal tersebut tubuh akan mengalami mengigil serta menghasilkan panas dengan cara merangsang aktivitas otot. 
  • Obat-obatan 
    Dan yang harus anda ketahui juga, ternyata penyempitan pada pembuluh darah juga dapat terjadi oelh pengaruh obat-obatan. Hal ini terjadi karena efek samping pada obat mampu meningkatkan tekanan darah serta meningkatnya detak jantung. Obat yang mempengar8uhi penyempitan pada pembuluh darah yaitu obat-obatan terlarang serta obat antidepresen, dekogestan, serta imuniosupresan. 
Kondisi seperti diatas sebaiknya tidak boleh untuk disepelekan. Karena jika hal ini disepelekan tanpa penanganan, maka kamungkinan besar akan memicu penyakit lainnya yang akan memperburuk kondisi tubuh. 

Dan itu saja Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah  semoag informasinya bermanfaat dan sampai jumpa. 

Tidak ada komentar: